Kenali Penggunaan Rumput Sintetis Outdoor Untuk Tampilan Rumah Yang Menyegarkan

 

Rumput Sintetis Outdoor
Kenali Pengguanaan Rumput Sintetis Outdoor

Memiliki rumah di daerah perkotaan memang terkesan sempit dan tidak bisa menanam banyak tanaman hijau karena terhalang lahan. Namun bukan berarti hal tersebut menyurutkan niat untuk membuat tampilan rumah jadi lebih segar bukan?. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memasang rumput sintetis outdoor untuk bagian depan rumah. Dijamin akan tampak menawan tanpa harus melakukan perawatan yang ribet.

Penggunaan rumput sintetis ini dinilai cukup efektif dan memiliki banyak keuntungan dibandingkan tanaman hidup. Selain itu, pemasangan dan perawatannya yang mudah seringkali menjadi pertimbangan bagi para pemilik rumah loh. Untuk mengenal lebih jauh mengenai rumput sintetis satu ini, yuk simak ulasan berikut ini.

Daftar Isi:

1. Alasan Menggunakan Rumput Sintetis Outdoor
2. Jenis Rumput Sintetis Yang Bisa Dipilih
3. Cara Pemasangan Rumput Sintetis
4. Bagaimana Cara Merawatnya Yang Baik Dan Benar?

Alasan Menggunakan Rumput Sintetis Outdoor

Rumput sintetis outdoor merupakan jenis permukaan yang terbuat dari bahan tidak alami atau sintetis. Seringkali jenis rumput satu ini digunakan pada taman di berbagai tempat seperti perkantoran, tempat bermain golf, futsal hingga di rumah. Banyak orang memilih untuk menggunakannya karena kepraktisan dan kemudahan dalam perawatannya. Bahkan harga yang ditawarkannya juga cukup murah.

Namun tidak hanya itu, menggunakan rumput sintetis untuk bagian outdoor sangat menghemat penggunaan air loh. Hal ini dikarenakan pemilik tidak perlu repot-repot untuk menyiramnya setiap hari. Tidak seperti penyiraman lapangan sepak bola yang memerlukan hingga 50 galon air tiap minggunya. Tentunya membutuhkan banyak biaya bukan?

Jenis Rumput Sintetis Yang Bisa Dipilih

Dalam memilih jenis rumput sintetis outdoor yang tepat, maka pastikan untuk memperhatikan tekstur, ketahanan, tampilan dan juga harga yang sesuai dengan budget. Berikut inilah beberapa jenis rumput sintetis yang bisa dipilih, antara lain:

1. Rumput Sintetis Golf

Jenis rumput sintetis yang pertama adalah terbuat dari bahan berserat sintetis yang mirip di lapangan golf. Ketinggian dari rumput jenis ini yaitu sekitar 10 mm dan memiliki permukaan yang lebih lembut. Biasanya sering digunakan pada taman rumah, perkantoran atau landscape lainnya. Namun kelemahannya terletak pada daya tahannya yang tidak begitu lama, yaitu hanya 7-10 tahun saja.

2. Sintetis Jepang

Selain rumput sintetis golf, jenis rumput sintetis outdoor lainnya yaitu yang bercirikan mirip dengan rumput jepang. Jenis rumput satu ini seringkali digunakan untuk daerah perkantoran, taman depan rumah ataupun ruangan lainnya. Ketinggian dari rumput sintetis jepang ini yaitu sekitar 20 mm.

Rumput buatan yang hampir mirip dengan aslinya ini memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada rumput sintetis golf. Dengan perawatan yang tepat, maka rumput bisa bertahan yaitu 10-12 tahun loh. Jadi tidak ada ruginya untuk mempercantik tampilan rumah menggunakan ini.

3. Jenis Rumput Sintetis Swiss

Berbahan baku serat sintetis, jenis rumput satu ini sangat cocok untuk taman atau ruang outdoor di depan rumah. Bahkan sangat mungkin difungsikan untuk keperluan rumput di lapangan sepak bola ataupun futsal. Dengan ketinggian sekitar 30 mm, maka rumput sintetis Swiss ini bisa lebih lembut dan tahan akan injakan. Maka dari itu tidak heran jika banyak digunakan di lapangan futsal atau sepak bola.

Cara Pemasangan Rumput Sintetis Outdoor

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis rumput sintetis yang bisa dipilih, tentunya harus mengetahui pula bagaimana cara memasangnya bukan?. Hal ini tentu saja akan memudahkan proses pemasangan tanpa perlu menyewa jasa. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menyiapkan Area

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan area yang akan dipasangi rumput sintetis outdoor. Pilihlah area dengan permukaan datar dan sesuaikan luasnya agar terpasang sempurna. Jangan lupa pula untuk meratakan permukaan tanah yang ada sesuai dengan ketebalan rumput yang dipilih.

2. Membersihkan Area

Kemudian bersihkan area yang akan dipasangi rumput sintetis dengan cara mencabut atau membongkar rumput di sekitar area. Bersihkan secara menyeluruh, mulai dari daun-daun kering, batu kerikil, beling atau bahkan sampah. Sehingga proses pemasangan bisa berjalan dengan lancar dan mudah.

3. Menyebarkan Kerikil

Tidak lupa pula untuk menyebarkan kerikil yang ada, pastikan untuk menghancurkannya secara merata pada area yang dipilih. Jarak antar kerikil bisa dimanfaatkan sebagai saluran pengairan atau drainase agar air tidak menggenang ketika hujan tiba. Hal tersebut akan membuat rumput jadi lebih tahan lama.

4. Memadatkan Lapisan Batuan

Langkah selanjutnya yaitu dengan memadatkan lapisan batuan yang ada. Cara ini sangat dibutuhkan agar permukaan kerikil jadi lebih keras dan padat. Sehingga tidak akan ada yang namanya rumput sintetis jadi rusak karena terkena ujung kerikil yang tajam dan tidak rata. Pastikan pula untuk memadatkannya menggunakan plate tamper mekanik agar hasil maksimal.

5. Melapisi Permukaan

Setelah memadatkan lapisan batuan, langkah selanjutnya yaitu melapisi permukaan dengan heavy-duty landscape cloth. Bisa dibilang lapisan satu ini sangat penting karena berfungsi untuk menghambat pertumbuhan rumput atau tanaman liar yang ada di sekitar area rumput sintetis terpasang.

6. Memposisikan Rumput Sintetis

Pastikan untuk meletakkan rumput sintetis di tempat yang tepat dan membentuk barisan dengan ujung rumput yang mengarah ke satu arah tertentu. Jangan lupa pula membuat barisan yang rapat dan potong bagian tepi yang melewati batas area rumput sintetis terpasang. Dengan begitu, hasil akhir dari tatanan rumput bisa nampak mempesona dan juga natural.

7. Merekatkan Tiap Sisi

Gunakan paku dengan panjang sekitar 5-6 inch untuk merekatkan tiap sisi rumput sintetis. Pastikan bahwa pemilik merekatkan paku usuk di setiap 12-15 cm lapisan rumput agar tidak mudah lepas dan tetap awet. Dijamin bisa bertahan hingga bertahun-tahun tanpa harus menggantinya.

8. Menyiram Rumput

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menyirami rumput sintetis. Cara ini dilakukan agar permukaan rumput terlihat basah dan juga nampak natural berkilauan pada saat terpapar sinar matahari. Tentunya sangat indah dan menarik saat dipandang bukan?. Taburkan pula pasir atau rubber infill untuk menambah kesan natural.

Bagaimana Cara Merawatnya Yang Baik Dan Benar?

Cara merawat rumput sintetis outdoor satu ini cukup mudah dan tidak menyita banyak waktu. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan vacuum cleaner agar debu yang menempel segera hilang. Kedua, bisa pula dengan menggunakan cairan pembersih. Semprotkan secara merata pada seluruh bagian rumput sekitar 1-2 bulan sekali. Lakukan secara rutin supaya rumput tetap terjaga dengan baik.

Tidak hanya itu, pemilik juga bisa menghemat lebih banyak budget dengan menggunakan detergen. Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan larutkan deterjen dan celupkan spons ke dalamnya. Barulah usapkan secara merata pada permukaan rumput sintetis yang kotor tadi. Dijamin noda membandel akan hilang dengan sendirinya.

Demikian informasi mengenai rumput sintetis outdoor yang cocok sebagai dekorasi dan mampu mempercantik hunian. Tentunya dengan perawatan yang mudah, maka tidak ada salahnya untuk memasangnya bukan?. Dijamin tampilan rumah akan terlihat semakin segar dan enak dipandang tanpa memikirkan perawatan yang ribet. Semoga bisa menjadi referensi tepat bagi yang berminat memasangnya pada bagian depan rumah. Selamat menikmati lingkungan hijau nan asri ya!


Kami Juga toko yang jual rumput sintetis



#rumputsintetisoutdoor #rumputsintetisoutdoorterbaik #rumputsintetisoutdoormurah #rumputsintetisoutdoortokopedia #rumputoutdoor #rumputoutdoorplastik #rumputoutdoorsintetis #rumputoutdoormurah #rumputoutdoorbest 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar