Tips Jitu Memilih Karpet Lapangan Badminton yang Tepat

Olahraga badminton atau juga dikenal dengan sebutan olahraga bulu tangkis, merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer. Bukan hanya di Indonesia, cabang olahraga ini banyak disukai masyarakat dari berbagai Negara, khususnya kawasan Asia. Banyak prestasi yang terukir dari olahraga badminton. Tentu saja prestasi-prestasi yang didapatkan tidak lepas dari fasilitas-fasilitas pendukung di lapangan. Salah satunya karpet lapangan badminton.

Mungkin  banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana karpet lapangan yang sesuai standarisasi dan nyaman digunakan. Berikut ulasan lengkap mengenai tips memilih berbagai jenis karpet untuk lapangan badminton.

Karpet Lapangan Badminton

Tips-tips Memilih Karpet Lapangan Badminton yang Sesuai

Lapangan badminton merupakan lantai yang dilapisi semen atau cor seperti pada umumnya. Hal terpenting yang harus diperhatikan, permukaan lantai harus rata dan tidak lembab. Lapangan badminton harus mempunyai tekstur yang nyaman dan aman untuk digunakan oleh para pemain.  Sehingga apabila ada pemain yang terjatuh, tidak membuat cedera serius yang berakibat fatal. Dalam memilih karpet lapangan badminton harus diperhatikan beberapa aspek berikut ini.

1. Ketebalan Karpet yang Digunakan

Olahraga badminton membutuhkan lantai yang nyaman untuk memudahkan dalam bermain. Selain nyaman juga harus aman sehingga saat terpeleset tidak menimbulkan cedera parah seperti, patah tulang. Oleh karena itu, BWF atau badan yang menaungi seluruh standarisasi dan peraturan badminton dunia, memberikan aturan standar ketebalan karpet 4,5 mm.

Karpet lapangan badminton dengan ukuran standar ini sudah memenuhi salah satu syarat lapangan badminton yang bisa digunakan untuk kompetisi.   Apabila Anda ingin membuat lapangan yang ketebalan nya karpet di bawah standar BWF, Anda bisa berkonsultasi dengan pengurus badminton di wilayah Anda.

Semakin tebal jenis karpet yang digunakan, maka budget yang diperlukan juga semakin banyak.  Selain ketebalan karpet lapangan badminton, jenis atau bahan material karpet juga penting diperhatikan. Seperti jenis vinyl dan interlock mempunyai bahan material yang tidak sama dan harga yang juga berbeda.

Ada beberapa jenis karpet untuk lapangan badminton yang bisa Anda gunakan. Biasanya pemilihan jenis karpet berdasarkan kegunaan dan juga budget yang disiapkan.  Pemilihan jenis karpet lantai badminton yang tepat sangat penting untuk membuat lapangan badminton Anda berkualitas. Berikut beberapa jenis karpet lapangan yang sering digunakan untuk membuat lapangan badminton.

● Karpet Lantai Badminton dari Bahan Vinyl


Karpet vinyl badminton merupakan salah satu jenis karpet yang paling direkomendasikan untuk digunakan. Terutama pada gedung-gedung indoor atau dalam ruangan. Karpet dari bahan vinyl sangat nyaman digunakan. Vinyl sendiri merupakan bahan yang terbuat dari karet elastis yang kuat dan tahan lama.


Tekstur bahan vinyl yang lembut membuat pemain tidak mudah terpeleset dan jatuh. Apabila terjatuh juga meminimalisir terjadinya luka yang dapat berakibat fatal. Selain tekstur bahan yang bagus, vinyl mempunyai kelebihan lain yakni motif yang beragam. Warna dan motif dari karpet vinyl sangat banyak.  Ada beberapa motif vinyl seperti Germs, Snake Skin, Coral , Lychee, Sand.



Karpet Lantai Badminton Bahan Vinyl


Banyak merk-merk terkenal yang menjual karpet vinyl badminton sesuai dengan standar BWF. Lapangan yang bagus harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh BWF. Baik dari jenis karpet, maupun fasilitas pendukung lainnya.

Harga untuk karpet vinyl memang terbilang cukup mahal. Namun, dengan kualitas dan daya tahannya harga yang ditawarkan sebanding dengan barangnya. Untuk satu lapangan badminton dibutuhkan budget kurang lebih dua puluh tujuh juta. Harga dari karpet vinyl berbeda-beda tergantung merk karpet dan tipe ketebalan karpet vinyl tersebut.


● Karpet Lantai Badminton Interlock

Karpet lapangan badminton juga merupakan salah satu jenis karpet yang sesuai standar dari BWF. Karpet ini seperti rangkaian puzzle  yang bisa dibongkar dan pasang. Tentu saja tipe puzzle ini memudahkan Anda apabila terjadi kerusakan. Saat ada bagian yang rusak, dengan menggunakan karpet lantai jenis interlock, Anda tidak perlu mengganti keseluruhannya, cukup membongkar bagian yang rusak saja.

Dengan kelebihan tersebut, karpet lapangan badminton interlock memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis karpet vinyl badminton. Harga karpet lantai interlock mencapai Rp. 250.000 per meter persegi. Bahan material interlock hampir sama dengan jenis karpet yang digunakan pada lapangan futsal. Namun jenis karpet ini juga bisa digunakan pada lapangan badminton.

● Lantai Badminton Jenis Flexi Pave

Di beberapa tempat sering kita jumpai lapangan badminton yang letaknya di luar gedung atau outdoor. Tentu karpet lapangan badminton yang digunakan berbeda dengan jenis lapangan dalam ruangan atau indoor. Untuk lapangan outdoor tidak dianjurkan menggunakan bahan vinyl maupun interlock karena tidak tahan panas dan hujan.

Untuk lapangan outdoor Anda bisa menggunakan lantai jenis flexi pave atau pengecatan. Terdapat 2 macam flexi pave, yakni plus silica dan non silica. Harga yang plus silica lebih mahal dibandingkan yang non silica, sekitar Rp. 180.000 per meter persegi nya. Pengerjaan lantai flexi pave membuat lantai lapangan tidak licin, anti jamur dan warnanya tidak mudah pudar saat terkena gesekan. Sehingga sesuai untuk lapangan di luar ruangan yang harus tahan terhadap berbagai cuaca.


2. Pemilihan Tempat


Lapangan badminton ada yang berada di dalam ruangan atau dikenal dengan istilah indoor maupun diluar ruangan atau outdoor. Apabila Anda ingin membuat lapangan di dalam ruangan, Anda harus memperhatikan pencahayaan yang tepat dan sirkulasi udara yang bagus. Ruangan yang lembab membuat lantai mudah licin dan kualitas karpet lapangan juga mudah rusak.

Untuk lapangan di luar ruangan, Anda harus lebih memperhatikan mengenai permukaan lantai. Jangan sampai lantai licin dan membuat pemain mudah tergelincir saat berolahraga.


3. Merk Karpet Lapangan


BWF telah merilis beberapa merk yang menjual karpet lapangan badminton  yang sesuai standar. Anda bisa memilih salah satu merk yang direkomendasikan agar Anda tidak salah beli. Walaupun harga belinya mahal, namun Anda bisa memiliki jenis karpet untuk lantai lapangan badminton dengan kualitas yang baik.

Karpet untuk lantai lapangan badminton sendiri ada 2 teknis pemasangan. Yakni semi permanen dan permanen. Pemasangan semi permanen adalah teknis bongkar pasang karpet lantai lapangan badminton. Saat akan digunakan karpet dipasang dan dibongkar saat sudah selesai melakukan olahraga.


Sedangkan permanen merupakan teknis pemasangan karpet yang langsung dipasang tanpa bisa dibongkar kembali. Jenis pemasangan secara permanen ada 2, yakni menggunakan spons dan tidak. Pemasangan dengan spons digunakan untuk lantai keramik dan lantai yang permukaannya tidak terlalu baik. Pemasangan tanpa spons digunakan untuk lapangan yang mempunyai permukaan rata.

Pemilihan karpet lapangan badminton harus selektif.  Aspek-aspek seperti ketebalan, jenis bahan dasar dan teknik pemasangan harus diperhatikan.
Whatsapp-Button